Cara Merawat Payudara Serta Fakta Terkait

Banyak dari wanita tidak terlalu memperhatikan bagian tubuhnya, Ia hanya fokus kebagian atau penampilan luarnya saja. Penting untuk diketahui bahwa wanita juga wajib untuk mengetahui bagaimana cara merawat anggota intimnya. Mari kita telah beberapa fakta terkait payudara untuk kepentingan kesehatan Anda. 

Payudara merupakan kelenjar susu yang berfungsi memproduksi susu yang nantinya akan menjadi makanan untuk bayi. selain fakta mengenai fungsi dan anatomi payudara, ada beberapa fakta tentang payudara yang perlu Anda ketahui.



Fakta Tentang Payudara
Berikut ini adalah fakta tentang payudara.Tumbuhnya payudara
Apa sih yang menyebabkan payudara pada wanita bisa tumbuh dan bagaimana payudara bisa tumbuh pada masa pubertas ?
Tumbuhnya payudara sebenarnya dipicu oleh rangkaian hormon pertumbuhan yang bertemu hormon estrogen yang sedang mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan berkembangnya payudara. Ukuran berbeda
  • Payudara Memiliki Dua Ukuran yang Sedikit Berbeda.
Payudara sebelah kiri biasanya terlihat lebih besar pada umumnya bila dibandingkan dengan sisi sebelah kanan. Tidak tanggung - tanggung bahkan perbedaannya bisa mencapai 20 persen. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini disebabkan pada fase pertumbuhan payudara (thelarche), kecepatan perkembangan payudara kanan dan kiri berbeda. Namun, jika ukuran payudara di rasa sangat berbeda dan Anda merasa khawatir, cobalah untuk mengonsultasikannya ke dokter dan bicarakan langkah apa yang perlu diambil !
  • Cegah kanker payudara dengan menyusui
Ya, menyusui atau memberikan ASI eksklusif bisa membuat wanita terlindungi dari kanker payudara. Jangan takut payudara menjadi kendur atau turun karena terlalu lama menyusui. Menyusui justru dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi anak dan kesehatan ibunya. Rangsangan bagi wanita saat sedang menyusui
  • Pada saat menyusui, beberapa wanita bisa merasa terangsang
Ini merupakan hal yang normal karena merupakan respons fisiologis hormon laktasi. Pada masa menyusui hormon prolaktin akan aktif, begitu juga dengan hormon oksitosin. Hormon prolaktin selain memproduksi susu juga bisa memberikan rasa relaks, sedangkan hormon oksitosin bisa memicu jaringan payudara mengalami kontraksi dan memberikan sensasi geli pada saat sebelum susu dikeluarkan.
  • Berubahnya ukuran payudara
Mungkin Anda pernah merasakan payudara terasa penuh dan terkadang terasa lebih mengendur ketika menggunakan bra. Disadari atau tidak, hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon selama siklus menstruasi. Naik turunnya beberapa hormon selama siklus menstruasi menyebabkan ukuran payudara berubah.
  • Benjolan pada payudara
Tidak semua benjolan pada payudara adalah kanker. Sekitar 80-85 persen dari benjolan tersebut memiliki kemungkinan bukan kanker. Pada payudara yang sehat, pada saat masa pra-menstruasi payudara akan terasa sedikit lebih bengkak atau bisa terasa ada gumpalan. Namun jika Anda merasa benjolan tersebut tidak normal dan cukup mengganggu, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter secepatnya.
  • Hentikan Kebiasaan Buruk
Selain karena proses penuaan, perubahan kadar hormon dan kehamilan, merokok diduga dapat menyebabkan kekenduran pada payudara. Sebuah studi menemukan bahwa merokok bisa merusak protein yang dibutuhkan untuk payudara, yaitu elastin, sehingga payudara menjadi kendur.

Payudara bagi wanita merupakan bagian tubuh yang penting. Jaga terus kesehatan serta keindahan payudara Anda dengan menjauhi hal-hal yang bisa mengganggu kesehatan payudara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Sinar Laser Untuk Menghilangkan Kutil

Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Kewanitaan